WEBINAR SEMINAR NASIONAL SKEMA PENELITIAN DAN PENGUKURAN TINGKAT KESIAPTERAPAN TEKNOLOGI

Sosialisasi Skema Penelitian dan Pengukuran Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT)

Dalam rangka peningkatan pemahaman untuk menghitung Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian dan pengabdian, Poltekkes Kemenkes Jakarta II pada tanggal 7 Juli 2020 telah mengadakan Webinar sebagaimana judul tersebut, dengan peserta para tenaga pendidik/dosen dilingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II serta para dosen Politeknik Kesehatan seluruh Indonesia, acara dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Bapak. Joko Sulistiyo, ST., M.Si.

Sebagai nara sumber I, adalah Ka. Subdit. Riset Dasar Kemenristek Dikti, Bapak. Adhi Indra Hermanu, ST., MT., MM, dengan judul materi “Cara Membuat Proposal Penelitian Berbasis TKT Serta Mengukur dan Menetapkan TKT Penelitian”, dilanjutkan dengan nara sumber II dari Ka. Pusdik SDM Kesehatan BPPSDMK Bapak. Dr. Sugiyanto, S.Pd., M.App,Sc, dengan judul materi “Implementasi Padoman Penelitian di Poltekkes Kemenkes Tahun 2019”, dan sebagai pemateri terakhir pada acara tersebut adalah Editor Journal Sanitas, Ibu Atika Hendryani, S.Kom., M.Kes, dengan materi “Tata cara Submit Jurnal Sanitas Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

TAMBAHAN PENGETAHUAN

  • Pengertian teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari penerapan dan pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan, dan peningkatan mutu kehidupan manusia (UU 18/2002).
  • Tingkat Kesiapterapan Teknologi (Technology Readiness Level) yang selanjutnya disingkat dengan TKT adalah tingkat kondisi kematangan atau kesiapterapan suatu hasil penelitian dan pengembangan teknologi tertentu yang diukur secara sistimatis dengan tujuan untuk dapat diadopsi oleh pengguna, baik oleh pemerintah, industri maupun masyarakat.
  • TKT merupakan ukuran yang menunjukkan tahapan atau tingkat kematangan atau kesiapan teknologi pada skala 1-9, yang mana antara satu tingkat dengan tingkat yang lain saling terkait dan menjadi landasan bagi tingkatan berikutnya.

LANDASAN TKT

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 42 Tahun 2016 tentang Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapterapan Teknologi. Pengukuran Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) wajib dilakukan terhadap teknologi hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang didanai dengan anggaran pemerintah atau dikerjasamakan dengan pemerintah.  Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) menjadi salah satu prasyarat dalam pemberian penjaminan risiko pemanfaatan teknologi (sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian). Salah satu komponen penilaian untuk mendapatkan insentif  Pemerintah berupa penjaminan risiko pemanfaatan teknologi industri adalah Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT), dimana teknologi yang akan dimanfaatkan industri harus memiliki TKT 9.  Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) menjadi salah satu prasyarat agar suatu invensi dapat mengikuti tahapan komersialisasi teknologi yang dilakukan oleh TTO (Technology Transfer Office). Suatu teknologi hasil invensi yang memiliki TKT 7 yang dapat mengikuti tahapan komersialisasi teknologi yang dilakukan oleh TTO (Technology Transfer Office).

ARTI PENTING HASIL PENGUKURAN TKT

Hasil pengukuran dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) ini dapat memberikan informasi penting tentang status dan pencapaian kematangan (maturity) dari teknologi yang dihasilkan lembaga litbang sehingga dapat menjadi informasi :

  1. Untuk menghitung investasi adopsi teknologi dan resikonya (bagi calon pengguna teknologi).
  2. Untuk menentukan fokus pengembangan program/ kegiatan litbang, pendanaan dan transisi teknologi melalui seleksi kegiatan, alokasi sumber daya dan sasaran program/ kegiatan (bagi lembaga litbang).
  3. Untuk komunikasi dan kerja sama antara lembaga litbang/perguruan tinggi dengan sektor produksi/ industri (untuk lembaga intermediasi).
 

Tambah Komentar


Security code
Refresh

Pengunjung

Total :

web
stats

Online Saat Ini

Kami punya 116 tamu online

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id