WEBINAR NASIONAL PERAN ETIK DALAM MENJAMIN MUTU PENELITIAN KESEHATAN

WEBINAR NASIONAL PERAN ETIK DALAM MENJAMIN MUTU PENELITIAN KESEHATAN

Abad 21 Ilmu kesehatan telah berhasil meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga masyarakat makin mampu meningkatkan derajat kesehatan,  memajukan kesejahteraan dalam kehidupannya. Pada dasarnya perkembangan ilmu kesehatan dipacu dan diarahkan oleh penelitian kesehatan. Dalam pelaksanaannya penelitian kesehatan dapat dilakukan dengan menggunakan model simulasi komputer, penelitian biokimia atau penelitian dengan menggunakan bahan hidup, seperti biakan sel dan jaringan, di laboratorium yang kemudian perlu dilanjutkan pada sistem hidup terpadu (integrated living system) dengan menggunakan hewan untuk uji coba. Akhirnya, sebelum hasil penelitian dapat dimanfaatkan dengan aman dan efektif untuk kesehatan manusia diperlukan penelitian dengan mengikutsertakan relawan manusia sebagai subyek penelitian. Sebagai peneliti yang etis, kita bukan saja wajib menghargai kesediaan dan pengorbanan relawan manusia tetapi juga menghormati dan melindungi kehidupan, kesehatan, keleluasaan pribadi (privacy), dan martabat (dignity) subyek penelitian.

Terkait dengan uraian tersebut diatas Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan telah mengadakan kegiatan Webinar Nasional pada tanggal 04 Agustus 2020, dengan Tema “Peran Etik Dalam Menjamin Mutu Penelitian Kesehatan”. Acara dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta II Bapak Joko Sulistiyo, ST, M.Si, sebagai nara sumber pada kegiatan ini adalah:

  1. Prof. Dr. M. Sudomo dengan Tema “Etik Penelitian Epidemiologi”
  2. Dr. ICM. Wirabrata, S.Si, M.Kes, MM, MH, Apt. Dengan Tema “Etik Penelitian Alat Kesehatan”
  3. Dra. Nani Sukasediati, Apt, MS dengan Tema “Etik Penelitian Bahan Obat Herbal”

Webinar Nasional ini berlangsung mulai pukul 08.00 sd 12.00, dengan menggunakan webex dan dapat diikuti pula melalui channel youtube streaming. Sebagai moderator kegiatan adalah Bapak Dr. Nursama Heru, A. S.Si, M.Si.

 

Tambah Komentar


Security code
Refresh

Pengunjung

Total :

web
stats

Online Saat Ini

Kami punya 94 tamu online

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id