Praktek Cholinesterase

PEMERIKSAAN CHOLINESTERASE

Praktek Toksikologi Lingkungan


Pengambilan Sampel Darah Petani oleh Mahasiswa


Mahasiswa Jurusan Kesehata Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II baru-baru ini melaksanakan kegiatan praktek lapangan sekaligus pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dimaksud adalah pemeriksaan cholinesterase dalam darah petani. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk metode pembelajaran praktek mata kuliah Toksikologi Lingkungan. Pemeriksaan cholinesterase bertujuan untuk mengetahui tingkat paparan pestisida pada darah para petani. Dalam akitvitas pertaniannya, para petani melakukan penyemprotan pestisida untuk mengendalikan hama tanamannya. Hal tersebut berpotensi untuk menyebabkan pencemaran pestisida terhadap tubuh apabila penyemprotan tidak dilakukan dengan benar. Tingkat paparan pestisida pada tubuh dapat diketahui dari penurunan ektifitas enzim cholinesterase dalam darah.

Praktek cholinesterase dilaksanakan oleh 3 kelas mahasiswa semester 2 di 3 lokasi yang berbeda. Mahasiswa tingkat I Program D4 melakukannya di wilayah Tambun Kabupaten Bekasi. Mahasiswa D3 kelas Reguler melaksanakan praktek di wilayah Kecamatan Benda Kota Tangerang. Sedangkan mahasiswa D3 kelas non reguler melaksanakan praktek di wilayah Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Selain melakukan pemeriksaa cholinesterase, mahasiswa juga melakukan penyuluhan tentang bahaya paparan pestisida akibat kegiatan penyemprotan. Mereka juga melakukan diskusi dengan para petani.

Penyuluhan oleh Mahasiswa

Dari hasil pemeriksaan,ada beberapa petai di ketiga lokasi praktek yang mengalami keracunan pestisida tingkat sedang. Kepada mereka, mahasiswa kemudian memberikan saran-saran untuk mencegah dampak keracunan menjadi semakin serius.

Dalam kegiatan praktek ini, mahasiswa didampingi oleh para dosen mata kuliah Toksikologi Lingkungan yang terdiri dari Wakhyono Budianto, SKM.,MSi., Dra. Syarifah MEJ., M.Biomed, Rahayu Winarni, SPd. dan Desembra Lisa, SPd. Masyarakat maupun perangkat desa di ketiga lokasi sangat menyambut baik kegiatan ini dan mereka berharap agar kegiatan yang sama dapat dilakukan di tahun-tahun yang akan datang.

Para Mahasiswa dan Dosen Pembimbing

 

Pengunjung

Total :

web
stats

Online Saat Ini

Kami punya 151 tamu online

Kontak Kami

Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta 12120
  •   Telp. 021.7397641, 7397643
  •   Fax. 021.7397769
  • E-mail : info@poltekkesjkt2.ac.id