Arsip: News

Kunjungan INA RESPOND

Jakarta – Bertempat di Auditorium Prof. Gami Ilyas Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II menerima delegasi Indonesia Research Parternship on Infectious Diseases (INA RESPOND) mereka merupakan lembaga yang melakukan penelitian dasar dan penelitian klinis untuk mengembangkan jaringan penelitian penyakit menular kolaboratif yang kuat (19/09).

Penelitian yang dilakukan jaringan ini untuk membantu pengembangan kebijakan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan di Indonesia. Kunjungan INA RESPOND dalam rangka audensi kepada KEPK Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Protokol yang sedang disiapkan oleh INA RESPOND akan di revew oleh KEPK JKT II. Pada kegiatan tersebut dipimpin oleh dr. Dona Arlinda, dr. Hermas Kosasih, dr. I Wayan Adi Pranata, dan Nurhayati& Retu. Kedatangan mereka didampingi oleh wadir I Poltekkes Kemenkes Jakarta II dan TIM KEPK-JKT II.

Tim Humas Polkesjadu

Workshop Optimalisasi Aset dan Pengembangan Inkubator Bisnis

Bogor – Bertempat di Grand Savero Hotel Poltekkes Kemenkes Jakarta II melaksanakan Workshop Optimalisasi Aset dan Pengembangan Inkubator Bisnis (20/09).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 21 – 23 September 2022. Acara di awali dengan laporan ketua pelaksana yaitu Unit Bisnis dan Pengembangan Pendidikan, dilanjutkan dengan sambutan seklaigus pembukaan oleh direktur Bapak Joko Sulistiyo.

Untuk menunjang dan membangun serta mengembangkan bisnis di institusi Poltekkes Kemenkes Jakarta II, mengundang nara sumber profesional dari berbagai kompetensi antara lain PT. Inovasi Sigma Perkasa, Apkesi, ITB dan IPB. Dari paparan para narasumber diharapkan Poltekkes Kemenkes Jakarta II yang memiliki tujuh kompetensi dapat memulai membangun usaha.

Bicara inkubator terbayang sebuah alat untuk membantu bayi yang baru lahir prematur, sehingga perlu adanya bimbingan, arahan dan petunjuk untuk mencapai hasil yang diharapkan, begitu pula Poltekkes Kemenkes Jakarta II harus banyak belajar terkait bisnis yang akan dijalankan.

Pada akhir kegiatan, masing-masing jurusan membuat rancangan bisnis dan dipresentasikan di hadapan jurusan lain, dengan tujuan untuk saling memberi masukan. Beberapa paparan dari para narasumber yang sangat menarik sehingga memacu institusi Poltekkes Kemenkes Jakarta II untuk segera memulai bisnis walau dari hal yang terkecil dahulu. 

Selanjutnya, Poltekkes Kemenkes Jakarta II menyusun Rencana Tindak Lanjut tentang Inovasi yang akan dikembangkan untuk mendukung Visi PoltekKes Jakadu antara lain; Menambahkan inventarisasi Optimalisasi Asset dan Inkubator Bisnis yang dimiliki Jurusan; Membuat skala prioritas secara berurutan; Membuat Rencana/strategi Pengembangan Bisnis/Optimalisasi asset; Membuat POA (Plan Of Action) dari setiap Prioritas, rincian kegiatan dan time table.

Tim Humas Polkesjadu

Opening Ceremony “ODA Project Implementation” Between Health Polythechnic The Ministry of Health Jakarta II with Daegu Health College South Korea

Poltekkes Kemenkes Jakarta II sejak tahun 2016 telah menjalin kerjasama dengan Daegu Health College Korea Selatan terkait dengan keteknisian Gigi. Tindak lanjut dari kerjasama tersebut adalah implementasi bidang pendidikan dengan terlaksananya program internship/shortcourse instruktur laboratorium, dosen dan mahasiswa di dental technology department, DHC. Program Global Student Leadership yang diikuti oleh mahasiswa dengan beberapa negara yang dilaksanakan di DHC, bahkan kerjasama dalam bentuk dosen tamu yang mengisi seminar internasional pada Jurusan Teknik Gigi.  Kemudian kerjasama ini semakin berkembang dengan adanya program ODA (Official Development Assistance) dan pada tahun tahun 2022 terlaksananya “Open ceremony ODA Project Implementation Between  Health Polythechnic The Ministry Of Health Jakarta Ii  With Daegu Health College-South Korea” pada tanggal 15 dan 16 Juni 2022 di Prodi DIII Teknik Gigi Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Implementasi ODA Project ini terlaksana atas ijin lintas Kementerian, dan dengan kesempatan ini mengucapkan terimaksih kepada:

  1. Kementerian Kesehatan RI
  2. Kementerian Badan Perencanaan Nasional/Bappenas
  3. Kedutaan Korea Selatan

Adapun hal yang menjadi implementasi dalam bentuk kerjasama ODA ini adalah:

  1. Pengembangan kurikulum
  2. Improvisasi laboratorium digital dentistry (CAD/CAM) dan renovasi laboratorium
  3. Pelaksanaan Workshop di DHC tahun 2023
  4. Di undang 2 pengajar untuk pelatihan CAD-CAM di DHC
  5. Beasiswa 1-2 orang dosen/instruktur laboratorium untuk melanjutkan pendidikan di Korea Selatan
  6. Program Hibah PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)

Harapan kedepan kerjasama ini akan berlanjut pada hal-hal yang lebih baik untuk pengembangan dan kemajuan jurusan Teknik Gigi Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Tim Humas (Amanudin, Maya Anindiya)