Sosialisasi Penggunaan SIAKAD Cloud by Sevima bagi Dosen Poltekkes Jakarta II

Jakarta, 24 Januari 2024. Poltekkes Kemenkes Jakarta II, merupakan institusi dibawah Kementerian Kesehatan yang memiliki tujuh (7) jurusan dan sebelas (11) prodi, terdiri dari Program Diploma III dan Sarjana Terapan, adapun mengenai Program Studi yang ada di Poltekkes jakarta II sebagai berikut:

Jurusan Teknik Elektromedik, Program Studi Diploma III Teknologi Elektro-medis, Program Studi Sarjana Terapan (Diploma IV) Teknologi Rekayasa Elektro-medis. Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Program Studi Diploma III Radiologi, Program Studi Sarjana (Diploma IV) Teknologi Radiologi Pencitraan. Jurusan Gizi, Program Studi Diploma III Gizi, Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika. Jurusan Kesehatan Lingkungan, Program Studi Diploma III Sanitasi, Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan. Jurusan Farmasi, Program Studi Diploma III Farmasi. Jurusan Analisis Farmasi dan Makanan, Program Studi Diploma III Analisis Farmasi dan Makanan. Jurusan Teknik Gigi, Program Studi Diploma III Teknik Gigi

Dari jumlah prodi yang cukup banyak ini mengindikasikan jumlah mahasiswa, dosen dan tendik lainnya juga cukup banyak, sehingga diperlukan teknologi yang support untuk menunjang kelancaran yang optimal kegiatan PBM, pelaporan dan lain sebagainya. Tahun 2023 Poltekkes Kemenkes Jakarta II telah sepakat mengganti server internal menjadi siakad cloud bekerjasama dengan Sevima (Sentra Vidya Utama. PT). Beberapa pengalaman diketahui bahwa SEVIMA merupakan Solusi Teknologi Perguruan Tinggi Termutakhir Sesuai dengan Regulasi KEMDIKBUDRISTEK, sisi lain SEVIMA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Pendidikan (EdTech). Sebagaimana tagline SEVIMA yaitu #revolutionizeEducation, SEVIMA sebagai pioner dalam solusi sistem informasi akademik No. 1 di Indonesia, terus berkomitmen menghadirkan solusi inovatif di dunia Pendidikan Indonesia. Dengan menyediakan platform edukasi terintegrasi untuk institusi Pendidikan tinggi dan telah melayani lebih dari 700 Perguruan Tinggi dengan total pengguna sebanyak lebih dari 3 juta. Diantara keunggulan siAkadCloud adalah selalu up-to-date mengikuti regulasi pemerintah. Sehingga para admin perguruan tinggi tidak perlu pusing dengan pelaporan data ke Kemendikbud-Ristek. Siakad Cloud juga terintegrasi dengan sistem e-learning, pembayaran uang kuliah secara online, dan sistem akreditasi kampus. Didukung fleksibilitas dan keamanan yang terjamin sehingga sangat cocok digunakan oleh berbagai macam Perguruan Tinggi yang ingin berkembang secara cepat.

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh dosen tetap Poltekkes Kemenkes Jakarta II dan berlangsung secara tatap muka selama dua hari pada tanggal 22 sd 23 Januari 2024, bertempat di Auditorium Prof. Gani Ilyas. Beberapa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah; dapat membentuk individu setiap dosen memahami alur dan proses siakad cloud; menguji coba sistem data yang yang telah di migrasikan; untuk memahami menu yang ada di setiap modul; dan mengetahui adanya integrasi tiap sistem aplikasi. Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah dua orang yang sangat kompeten dari PT. Sentra Vidya Utama.

Beberapa keuntungan yang didapatkan oleh perguruan tinggi dengan menggunakan siakad cloud antara lain:

  • Tata Kelola Kampus Jauh Lebih Rapi

siAkadCloud dapat membantu Perguruan Tinggi dalam mengelola administrasi akademik yang mulai dari penerimaan mahasiswa baru, perkuliahan, yudisium, wisuda, hingga tracer study. Juga termasuk di dalamnya pengelolaan tarif dan tagihan keuangan mahasiswa, dan integrasi pembayaran secara online. Sangat cocok bagi Perguruan Tinggi yang memiliki berbagai role berwenang pada unit-unit terkait. Seperti BAAK, Bagian Keuangan, Admin Fakultas/Jurusan, dan sebagainya dengan fitur yang sangat lengkap dan dinamis.

  • Tes Online Makin Canggih dengan Computer Based Test

Salah satu keunggulan siAkadCloud adalah memiliki fasilitas bagi mahasiswa, pendaftar calon mahasiswa baru untuk dapat melakukan tes secara online. Mulai dari pendaftaran peserta ujian, mengelola jadwal, soal dan skor, hingga monitoring dan evaluasi. CBT secara tak langsung juga mendukung program pemerintah dalam kampanye “Go Green”.

  • Persiapan Akreditasi Kampus

Menjelang akreditasi, biasanya Perguruan Tinggi akan disibukkan mempersiapkan data penunjang yang dibutuhkan. Dengan siAkadCloud, data tak hanya rapi namun juga terintegrasi dengan sistem AkreditasiCloud yang membuat proses akreditasi jauh lebih mudah dengan pengisian borang BAN-PT dan ekspor SAPTO, serta dapat membantu dalam proses Simulasi Akreditasi Internal atau SPMI.

  • Monitoring & Evaluasi TOP Level Manajemen

Tersedia dashboard informatif dan rekap laporan bagi pimpinan untuk dapat mendukung proses pengambilan keputusan bersumber dari data yang akurat. Di tengah kesibukan dan jadwal yang padat, pimpinan kini dapat memantau perkembangan proses belajar mengajar serta operasional akademik di manapun dan kapanpun.

TIM Humas Polkesjadu