TINGKATKAN KINERJA DOSEN, POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II GELAR WORKSHOP PENDAMPINGAN PENGISIAN DAN SINKRONISASI DATA SISTER CLOUD TERINTEGRASI

Bekasi – Dalam upaya meningkatkan kinerja Poltekkes Kemenkes Jakarta II di bidang pelayanan pendidikan, penelitian, pengembangan standarisasi kualitas sumber daya dan proses belajar mengajar untuk lebih menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, dilakukan berbagai kegiatan penguatan kapasitas internal dan pelatihan sebagai upaya adaptasi terhadap perkembangan sistem dan kebijakan. Bertempat di Avenzel Hotel and Covention, Sub Bagian ADAK berkolaborasi dengan Sub Bagian ADUM melaksanakan Workshop Pendampingan Pengisian dan Sinkronisasi Data SISTER Cloud Terintegrasi bagi Dosen pada tanggal 12-14 Januari 2024.

Acara dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta II (Joko Sulistiyo, S.T., M.Si), dengan Narasumber Ketua Tim Kerja Peningkatan Karir, Kualifikasi dan Kompetensi Sumber Daya Dikti Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Jimmi, S.Kom.,M.M) dan Poltekkes Jakarta I (Isdiyoso, SKM serta Ujang Abdul Muis, SKM, MKM).

Saat ini PD Dikti tengah melakukan peningkatan layanan dosen pada platform Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Cloud Terintegrasi. Namun masih ditemukan beragam kendala (baik teknis dan non teknis) serta keluhan dari para dosen dalam masa transisi pemanfaatan platform SISTER Cloud yang baru tersebut. Oleh karena itu, diperlukan proses pendampingan bagi dosen dalam melakukan pelaporan beban kerjanya, agar proses pelaporan semua dosen dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu.

Workshop Pendampingan Pengisian dan Sinkronisasi Data SISTER Cloud Terintegrasi bagi Dosen diadakan untuk melakukan sosialisasi dan diskusi serta pembinaan dalam implementasi SISTER Cloud Terintegrasi bagi Dosen, memfasilitasi Dosen dalam pelaporan data kepegawaian dan kinerja pada platform SISTER Cloud secara mandiri; koordinasi proses updating, validasi, dan pengajuan perubahan terkait Data Dosen (Data Pribadi, Pendidikan Formal, Jabatan Fungsional, Kepangkatan, Sertifikasi, Status Kepegawaian, dll) dan kinerja dosen secara mandiri yang dilakukan satu pintu di platform SISTER Pusat; perbaikan dan sinkronisasi berkala terhadap data inputan Dosen antara sistem di Perguruan Tinggi dengan sistem di Dikti Pusat; menyelesaikan permasalahan dan keluhan yang dihadapi para Dosen dalam proses pelaporan dan layanan administrasi dosen; serta konsultasi Pakar SISTER Cloud Terintegrasi (dukungan teknis). Acara ditutup oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik (Moch. Rachmat, SKM, M.Kes) serta disampaikan beberapa rekomendasi pertemuan bahwa Pengisian BKD tetap dilanjutkan sampai tanggal 20 Januari 2024 dan Asesor melakukan penilaian sampai tanggal 30 Januari 2024.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Akademik, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II. (ing)