VERIFIKASI LAPANGAN OBJEK PENGAWASAN KEARSIPAN TAHUN 2024 POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Salam Sehat, BUGAR !!! BUdayakan Gerakan Arsip teRtib. Dalam rangka Pengawasan Kearsipan Internal, Poltekkes Kemenkes Jakarta II menjadi salah satu Objek Verifikasi Lapangan Pengawasan Kearsipan di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Kegiatan berlangsung selama 5 hari, tanggal 5-10 Juni 2024. Sebelumnya Poltekkes Kemenkes Jakarta II mendapat penilaian ASKI Tahun 2024 dengan predikat “Sangat Memuaskan”. Berdasarkan penghitungan Asesor Slovin Objek Pegawasan (Obwas) dengan jumlah unit kerja 219 sebanyak 69 Obwas. Pada tahun 2024 ini, fokus Obwas adalah UP/Unit Kerja Kantor Pusat Sebanyak 48 Unit Kerja. 13 UPT yang menjadi Obwas diambil dari UPT yang memiliki nilai hasil pengawasan kearsipan terbaik, dan salah satunya terpilihlah Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Tim Verifikasi berasal dari Biro Umum Kemenkes (Unit Kearsipan I), diketuai oleh dr. Desak Made Wismarini, MKM (Arsiparis Utama), dengan anggota tim terdiri dari Rina Kusnurwanti, S.Sos dan Fajar Teguh Prihatna, SE, M.Kes. Sedangkan pendamping dari Sekretariat Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Unit Kearsipan II) diwakili oleh Ibu Namira Rahmi Zahara, S.AP dan Lia Ramadhani Harahap, A.Md. Turut hadir pula mengawal kegiatan, Dr. Reni Chairani, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom (Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta II), Ade Kartika Harahap, SKM, M.KM (Kasubbag ADUM), Ingrat Padmosari, SKM, M.Epid (Kasubbag ADAK), beserta seluruh tim Jabfung Arsiparis dan Pengelola Kearsipan Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Rabu, 5 Juni 2024 bertempat di Ruang Rapat Direktorat Lt.2,  Ibu Direktur membuka kegiatan dan memberi beberapa arahan dalam hal pembinaan kearsipan yang berkelanjutan, serta sangat mengapresiasi atas kehadiran tim Verifikasi Arsip Kementerian Kesehatan. Selanjutnya diteruskan dengan arahan Ibu Ketua Tim Verifikasi Pengawas Kearsipan, paparan mengenai pengelolaan kearsipan di Poltekkes Kemenkes Jakarta II, dialog interaktif, Verifikasi Lapangan, rekomendasi dan tindak lanjut. Ibu dr. Made kembali juga mengingatkan tentang makna Slogan Arsip : “Arsip Hilang, Aset Melayang” dan “Arsip Menyelamatkan”. Pengelolaan arsip yang baik diharapkan dapat menyelamatkan, memelihara, dan mengamankan arsip sebagai sarana informasi utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang accountable.

“Simpan Arsip, Mengenang Sejarah”. Harapan Ibu Direktur agar Poltekkes Jakarta II dapat mengumpulkan dan menampilkan kembali histori institusi Poltekkes Kemenkes Jakarta II sebagai “cikal bakal” sejarah berdirinya Institusi Pendidikan Kesehatan di Indonesia, melalui penelusuran arsip tekstual, arsip foto, arsip audiovisual, dan sejarah lisan yang ditata dan ditafsir secara unik dan kreatif untuk memberikan sajian yang informatif dan edukatif. Tentunya perbaikan demi perbaikan akan selalu terus dilakukan, terutama dalam Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Pelaporan dan Retensi Arsip, serta dalam peningkatan kapasitas SDM Unit Kearsipan. Dengan adanya kegiatan ini, semoga Poltekkes Kemenkes Jakarta II akan semakin melakukan Improvement dan seluruh masukan tim Verifikator dijadikan bahan pembelajaran sehingga Jakarta II menjadi institusi pendidikan kesehatan yang terbaik dalam pengelolaan arsip.Berita ini disiarkan oleh Bagian Akademik, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II. (ing_)